Wow !..Trafik Komunikasi Telkomsel Capai 63 Juta SMS

Operator seluler PT Telkomsel mencatat trafik komunikasi pengiriman layanan pesan singkat di wilayah Jawa Timur sehari menjelang Idul Fitri 1433 Hijriah mencapai lebih dari 63 juta SMS
Corporate Communication Telkomsel Area Jawa Bali Sri Ambar Yusmeniwati ketika dihubungi dari Surabaya, Minggu, mengatakan, trafik pengiriman SMS sebanyak itu lebih tinggi sekitar 101,75 persen dibanding kondisi normal pada hari biasa. 
"Puncak kepadatan trafik SMS ucapan Lebaran mulai terjadi sejak Sabtu (18/8) pukul 19.00 WIB hingga setelah sholat Idul Fitri," katanya. 
Data yang dirilis Telkomsel mencatat, kenaikan trafik SMS tertinggi terjadi di Kota Mojokerto hingga mencapai 360 persen, diikuti Kota Pasuruan (150 persen), Kabupaten Mojokerto (102 persen), Kabupaten Sumenep (75 persen), dan Kota Blitar (65 persen). 
Selain pengiriman SMS, kenaikan trafik komunikasi di Jatim juga terjadi pada layanan suara (voice) dan data, namun kenaikannya tidak terlalu besar. 
Menurut ia, layanan suara mengalami peningkatan rata-rata 19 persen, sementara layanan data naik 22 persen dari delapan terabyte menjadi 10 terabyte. 
Kenaikan trafik layanan suara tertinggi tercatat di wilayah Pacitan sekitar 75 persen, kemudian Magetan (74 persen), Ngawi (65 persen), Madiun (61 persen), dan Ponorogo (50 persen). 
"Kecenderungan tertinggi dari pelanggan masih pada layanan SMS untuk mengirimkan ucapan selamat Idul Fitri.Kondisi serupa juga terjadi pada Lebaran sebelumnya, meskipun ada sebagian pelanggan yang menggunakan laman jejaring sosial, seperti facebook atau twitter," ujar Yusmeniwati. 
Untuk memenuhi layanan komunikasi di wilayah Jatim pada saat mudik Lebaran, operator anak perusahaan PT Telkom itu telah mengoperasikan lebih dari 3.000 unit menara sinyal (BTS) 2G dan 3G (Node-B) dengan kapasitas yang diperbesar hingga 100 Mbps. 
"Layanan suara kami siapkan bisa melayani hingga 20 juta pelanggan sekaligus, sementara kapasitas SMS sekitar 7.750 SMS perdetik atau setara dengan 670 juta SMS perhari," kata Head of ICT Network Management Division Telkomsel Jatim, Galumbang Pasaribu. (ar)



Antaranews.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komentar tidak nyambung (SPAM) akan Saya DELETE
Komentar dengan Keyword Saya tidak jamin akan Tayang
Komentar dengan Link Hidup Tidak bakal Saya Approve!!!

.