Inilah 7 Hal yang Perlu Diketahui Perihal Puting Payudara


Asriyatno.Com - Puting bukan hanya adalah bagian dari keindahan payudara serta untuk menyusui, juga bisa menjadi petunjuk adanya beberapa masalah kesehatan yang serius.

Bila Anda mendadak melihat kerutan atau cekungan di kulit sekitar atau pada puting-terutama bila itu terjadi hanya di satu puting, hubungi dokter Anda. Ini dapat menjadi tanda peringatan kanker payudara.

Berikut ini adalah 7 hal yang perlu Anda ketahui tentang puting Anda sebagaiman dilansir Kompas Health:


1. Keluar cairan dari puting seringkali normal-bahkan bila Anda tak hamil atau menyusui.

Keluarnya cairan dari puting bisa terjadi pada sebagian besar wanita bila puting ditekan, terang Leah S. Gendler, MD, seorang ahli bedah payudara di Morristown Medical Center di New Jersey. Namun bila Anda tak menekan atau meremasnya serta khususnya bila cairan bercampur darah serta hanya berasal dari salah satu payudara, segera temui dokter, Gendler menyarankan. Cairan dapat saja berasal dari kista jinak atau kanker payudara.


2. Pemilik puting tambahan lebih banyak dari yang Anda kira

Beberapa tokoh terkenal yang mempunyai puting cadangan ini antara lain Lily Allen serta Mark Wahlberg. Puting ketiga sering keliru disangka tahi lalat atau tumor. Mempunyai puting ketiga tak masalah serta bisa dengan mudah dihapus dalam prosedur rawat jalan, ujar ahli bedah plastik Rahmat Ma, MD. "Seluruh prosedur memakan waktu sekitar 30 menit," katanya, "dan bisa segera pulih."

Baca juga :  20 Fakta-Fakta Menarik Seputar Payudara 

3. Olahraga dapat menyebabkan radang pada puting.

Bra olahraga yang tak pas atau band aid yang ditempel pada puting ketika berolahraga dapat menyebabkan puting tergesek serta akhirnya menjadi radang. Namun bila Anda tak berolahraga tapi puting berubah warna menjadi merah, gatal, bersisik, atau mengelupas, periksakanlah diri ke dokter Anda. Ini dapat menjadi tanda penyakit Paget, suatu bentuk langka dari kanker yang melibatkan puting serta areola, terang Gendler. Ia menambahkan, "Atau dapat juga eksim. Jadi jangan cemas, biarkan dokter Anda menganalisanya."


4. Puting berbulu normal, malahan pada wanita.

Benjolan kecil di sekitar puting yang berisi folikel rambut adalah sesuatu yang tak perlu dikhawatirkan. Anda dapat menghilangkannya dengan wax atau dicukur dengan hati-hati. Namun bila folikel rambut tersebut terasa sakit, bertumbuh semakin besar, atau gatal serta bersisik, cepat temui dokter. Dapat jadi ini pertanda infeksi atau kanker.


5. Nyeri puting ketika menyusui adalah umum (dan dapat dicegah).

Berdenyut, panas, luka, nyeri. Ini semua keluhan umum ibu menyusui khususnya di minggu-minggu pertama. Namun bila rasa sakit ini terus berlanjut, berkonsultasilah dengan spesialis laktasi; mungkin bayi Anda menyusui dengan cara tak benar. Payudara membesar juga bisa memicu nyeri puting, sebagaimana terjadi bila ada infeksi karena bakteri atau jamur Candida, demikian simpulan satu studi di Australia.


6. Puting terbalik tidak perlu dikhawatirkan

Sekitar 15% wanita mempunyai puting yang masuk ke dalam atau terbalik semenjak lahir, ujar Z. Paul Lorenc, MD, seorang ahli bedah plastik di New York. "Ini masalah sederhana, ada jaringan ikat yang menarik puting ke dalam. Cuma perlu operasi kecil untuk memperbaikinya. Kami menjadikan sayatan kecil untuk melepaskan jaringan ikat serta puting pun akan muncul keluar. Cukup anastesi lokal serta memakan waktu sekitar satu jam," tambah Lorenc.


7. Puting adalah daerah sensitif lelaki serta wanita

Bagi penelitian Rutgers University, rangsangan pada puting memengaruhi bagian otak yang sama dengan saat vagina, klitoris atau penis dirangsang. Catatan untuk mereka yang melakukan tindik puting: Anda dapat kehilangan sensasi yang menyenangkan yang berasal dari rangsangan pada puting karena kerusakan syaraf.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komentar tidak nyambung (SPAM) akan Saya DELETE
Komentar dengan Keyword Saya tidak jamin akan Tayang
Komentar dengan Link Hidup Tidak bakal Saya Approve!!!

.