10 Fakta Menarik Tentang Ryan Giggs


Asriyatno.Com - Sang pemain kawakan MU Ryan Giggs resmi mundur sebagai pesepakbola. Ia menyatakan bakal fokus terhadap pekerjaan anyarnya sebagai asisten Louis van Gaal di Manchester United.

Giggs memulai debut di MU pada Maret 1991, Giggs mencatat rekor 963 penampilan dengan koleksi 168 gol. Dan berbagai titel juga telah dipersembahkannya selama berkarir diklub berjuluk 'Setan Merah'.

Walau namanya sangat berkibar selama merumput di Old Trafford. Sebagai sosok idola, tetap saja ada sejumlah hal yang tak banyak diketahui publik tentang Giggs. Dan berikut 10 Fakta Menari Tentang Ryan Giggs seperti ditulis VIVAbola:

1. Ayahnya adalah pemain rugby
Giggs tak lahir dari keluarga pesepakbola. Ayahnya, Danny Wilson adalah pemain rugby yang pernah memperkuat Cardiff RFC. Bahkan ketika masih duduk di bangku sekolah Giggs sempat menekuni olahraga yang sama.

2. Pernah bermain untuk tim sekolah Manchester City
Kebanyakan orang sudah tahu bahwa Giggs masuk ke MU diajak oleh Sir Alex Ferguson. Bahkan manajer asal Skotlandia itu harus sampai memohon kepada ibunda Giggs agar putranya diperbolehkan bergabung. Tapi tak banyak yang tahu bahwa sebelum itu Giggs sempat memperkuat tim sekolah Manchester City.

3. Memperkuat skuad Inggris junior, namun membela timnas Wales
Giggs lahir di Cardiff dari pasangan orang tua asal Wales. Namun dia sempat memperkuat Inggris ketika masih di usia sekolah. Sayangnya dia kemudian lebih memilih tampil untuk Wales ketika berada di tim senior.

4. Sempat tak menyandang nama Ryan Giggs
Sebelum berusia 16 tahun namanya adalah Ryan Joseph Wilson. Nama belakang Giggs didapat setelah ibunya (Lynne Giggs) memutuskan menikah kembali dan memakai nama belakang Johnson.

5. Menyabet penghargaan pemain muda terbaik
Giggs melakukan debut di MU pada 2 Maret 1991, namun pada musim tersebut dia hanya bermain dua kali. Setahun kemudian dia full tampil untuk skuad utama MU dan di penghujung kompetisi Giggs dianugrahi predikat pemain muda terbaik FA.

Hebatnya lagi Giggs juga menyabet penghargaan serupa di musim berikutnya. Dengan demikian dia mencatatkan diri sebagai orang pertama yang sanggup menggondol penghargaan pemain muda terbaik FA dua kali secara beruntun.

6. Tak pernah diganjar kartu merah selama membela MU
Giggs adalah pemain yang sangat fair di lapangan. Terbukti, dari 963 penampilan, dia belum pernah diganjar kartu merah. Dia hanya sekali diusir keluar wasit kala membela timnas Wales dalam laga kualifikasi Piala Dunia melawan Nowegia pada 5 September 2001.

7. Selingkuh dengan adik ipar
Giggs bukan tanpa cela. Dia kedapatan dua kali berselingkuh. Pertama dengan model panas, Imogen Thomas. Kedua, dengan Natasha yang tak lain adalah istri dari adik kandungnya sendiri, Rhodri.

8. Punya program televisi sendiri
Popularitas Giggs di Wales melesat saat menjadi punggawa andalan MU, bahkan salah satu stasiun televisi langsung membuat satu program khusus yang dibawakan langsung olehnya berjudul "Ryan Giggs' Soccer Skills".

9. Dilarang bicara ke wartawan hingga usia 20 tahun
Menjadi anak asuh Sir Alex Ferguson, Giggs harus mengikuti aturan yang sangat ketat, salah satunya larangan berbicara kepada wartawan sebelum berusia 20 tahun.

10. Usia karir sepakbolanya lebih lama dibandingkan Premier League
Giggs sudah tercatat masuk skuad utama MU sejak 1990. Dengan begitu dia sudah 24 tahun berkarir sebagai pesepakbola. Usia yang lebih tua dibandingan era Premier League yang baru dimulai pada 1992.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komentar tidak nyambung (SPAM) akan Saya DELETE
Komentar dengan Keyword Saya tidak jamin akan Tayang
Komentar dengan Link Hidup Tidak bakal Saya Approve!!!

.