Siapakah 3 Kandidat Pengganti Puyol di Euro 2012?

Carlos Puyol (net)
Puyol mengalami cedera serius dan harus absen selama 6 pekan. Bek veteran Spanyol, Carles Puyol akan dipastikan absen di Euro 2012. Dalam situs Barcelona mengabarkan bahwa Puyol belum sembuh dari cedera lutut kanan saat membela Barca akhir pekan lalu.Ini yang menyebabkan Bek andalan Spanyol akan absen pada Piala Eropa 2012 nanti.


Situasi ini membuat manajer Spanyol, Vicente del Bosque harus mencari pemain baru yang bisa menggantikan peran Puyol Bagi Spanyol, kehilangan seorang Puyol di Euro 2012 akan memberatkan langkah untuk mempertahankan trofi. Puyol selama ini menjadi tandem Gerard Pique sebagai bek tengah timnas Spanyol.

"Absennya Puyol merupakan kehilangan besar bagi kami. Puyol bukan hanya memiliki peran penting di dalam lapangan, tetapi juga di luar lapangan," ujar Del Bosque seperti dilansir dari Scotsman.

Di tahun-tahun sebelumnya, pemain seperti Joan Capdevila dan Carlos Marchena biasanya menjadi pelapis Puyol. Namun, keduanya kini telah melewati masa emasnya, sehingga Del Bosque diperkirakan bakal mencari pemain lain. 

Dan kehadiran pemain muda dipercaya sangat dibutuhkan bagi Spanyol di Euro yang akan dihelat musim panas mendatang. Terutama demi meredam permainan cepat pemain lawan seperti Mesut Oezil (Jerman), Arjen Robben (Belanda) dan Cristiano Ronaldo (Portugal).

Berikut ini tiga bek muda Spanyol yang menjadi kandidat kuat pengganti Puyol seperti dilansirBleacher Report:
1. Javi Martinez
Pemain 23 tahun yang membela Athletic Bilbao ini sebenarnya berposisi sebagai gelandang, tapi ia juga mampu bermain apik di jantung pertahaan. Manajer Bilbao, Marcelo Bielsa kerap menempatkannya di posisi bek sepanjang musim ini. Dan ia mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Martinez juga dikenal memiliki kemampuan tackling bagus sekaligus kualitas ala gelandang. Kecepatannya juga sangat dibutuhkan untuk meredam agresifitas striker andalan Italia, Mario Balotelli yang bakal dihadapi Spanyol di fase grup.

Martinez yang masuk dalam skuad pada Piala Dunia 2010 lalu juga dinilai sudah terbiasa dengan gaya permainan Spanyol. 

2. Alvaro Dominguez
Pemain 22 tahun ini adalah pilar lini belakang Atletico Madrid sejak 2008. Dia bagian dari skuad Atletico saat merengkuh trofi Liga Europa 2010 dan Coppa del Rey 2010. Alvaro juga bagian skuad timnas Spanyol kala memenangkan Piala Eropa U-21.

Kelemahan Dominguez adalah minim pengalaman di skuad timnas senior Spanyol. Usia belia juga membuatnya butuh waktu untuk beradaptasi dengan gaya permainan timnas senior Spanyol. Tapi kelebihannya, dia berpengalaman berlaga di event penting bersama klub.

3. Alberto Botia
Bek Sporting Gijon berusia 23 tahun ini adalah bagian dari skuad timnas Spanyol U-21 saat memenangkan Piala Eropa U-21 tahun lalu. Botia sempat mencicipi didikan akademi Barcelona selama tujuh musim sebelum berlabuh ke Gijon pada 2010.

Botia adalah tipikal bek murni. Dia punya kemampuan sangat bagus dalam menghalau bola-bola atas seperti kemampuan yang dimiliki Puyol. Sehingga tidak mengherankan, jika seandainya nama terakhir ini yang dipilih Del Bosque menggantikan peran Puyol. (one)

Vivanews

Seorang Blogger Kambuhan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komentar tidak nyambung (SPAM) akan Saya DELETE
Komentar dengan Keyword Saya tidak jamin akan Tayang
Komentar dengan Link Hidup Tidak bakal Saya Approve!!!

.