10 Akademi Sepakbola Terbaik di Dunia



Asriyatno.Com - Bisa dikatakan bakat saja dirasa masih belum cukup untuk membentuk seorang pemain. Butuh bimbingan serta pendidikan agar membuatnya lebih hebat. Tak heran jika kemudian para orang tua yang ingin anaknya menjadi pesohor di lapangan memasukan buah hati mereka ke berbagai akdemi sepakbola.

Berikut adalah daftar 10 akademi sepakbola terbaik di dunia yang terbukti telah melahirkanya banyak bintang-bintang top, seperti dikutip VIVAbola dari World Football.

1. Barcelona
Tim satu ini seakan tak berhenti menelurkan pemain papan atas dunia. Dari tahun ke tahun selalu saja ada nama calon bintang baru yang muncul. Barcelona dikenal dengan akdemi La Masia.

Pemain-pemain mereka yang sudah mendapat pengakuan sejauh ini adalah Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Sergio Busquets, Cesc Fabregas, Gerard Pique, Victor Valdes, Pedro dan tentunya sang mega bintang Lionel Messi.

2. Ajax Amsterdam
Klub Belanda ini sudah sejak lama dikenal dengan jebolan-jebolan hebatnya. Pada awal 1995, De Amsterdamers bahkan sukses merengkuh trofi Liga Champions dengan para pemain didikan mereka sendiri seperti Clarence Seedorf, Patrick Kluivert dan Michael Rezieger.

Sedangkan di era 2000-an muncul nama-nama seperti Rafael Van der Vaart, Wesley Sneijder dan Klaas-Jan Huntelaar.

3. Bayern Munchen
Satu lagi klub papan atas Eropa yang masuk daftar. Bayern bisa dibilang sebagai gudangnya pemain-pemain berkelas di Jerman. Mereka mencari bakat-bakat terpendam di penjuru dunia untuk diorbitkan.

Sebagian besar pemain The Bavarian sejak dulu selalu menjadi andalan di timnas Jerman. Sebut saja nama-nama seperti Phillip Lahm, Bastian Schweinsteiger, Toni Kroos dan Thomas Muller.

4. Manchester United
Klub satu ini sudah tak diragukan mampu mencetak pemain-pemain besar. Yang paling dikenang adalah generasi emas mereka pada 1992 yang berisi nama-nama seperti Ryan Giggs, David Beckham, Nicky Butt, Gary Neville, Phil Neville dan Paul Scholes. Dengan tim tersebut 'Setan Merah;' sukses merengkuh treble winners pada 1999.

5. Southampton
Kembali ke Inggris. Tim berjuluk The Saint tak diragukan ikut masuk dalam daftar. Sejumlah pemain top telah lahir dari sistem pendidikan sepakbola di klub ini.

Alan Shearer dan Matt Le Tissier adalah pemain mereka yang disegani pada masa lalu. Dan sekarang mereka punya Adam Lallana dan Luka Shaw sebagai calon bintang baru di timnas Inggris.

Belum cukup? Harus diingat bahwa duo Arsenal, Theo Walcott dan Alex Oxlade-Chamberlain adalah pemain jebolan Southampton juga. Namun yang paling terkenal tentunya adalah si pemain termahal, Gareth Bale yang baru saja membawa Madrid merebut La Decima.

6. Real Madrid
Tim satu ini sudah pasti dikenal luas masyarakat berkat prestasi serta para pemain bintangnya. Tak salah menyebut Los Blancos tim yang doyan membuat uang buat mendatangkan punggawa berkelas. Namun jangan salah, bukan berarti mereka tak punya akademi yang bagus.

Melalui La Fabrica, Madrid juga mencetak banyak pemain yang mampu diandalkan. Sebut saja Roberto Soldado, Juan Mata, Alvaro Morata, Jese and Nacho Fernandez dan Iker Casillas, mereka semua adalah produk asli tim ibukota Spanyol.

7. Anderlecht
Anderlecht adalah klub kenamaan di Belgia. Namun yang membuat semakin tenar adalah pemain jebolan mereka menjadi incaran banyak klub papan atas Eropa dalam dua dekade belakangan ini. Romelu Lukaku, Adnan Januzaj dan Vincent Kompany merupakan alumnus tim berjuluk Paars-wit tersebut.

8. Sporting Lisbon
Dari Inggris, kini beralih ke Portugal. Sporting masuk dalam daftar ini karena sistem pembinaan pemain mereka yang memang menghasilkan banyak pemain luar biasa. Sebut saja Cristiano Ronaldo, Luis Figo, Luis Nani, Ricardo Quaresma dan Joao Moutinho.

Sporting punya tim pemandu bakat yang jeli. Tak heran jika kemudian pemain jebolan akademi mereka rata-rata memiliki skill fantastis.

9. West Ham
Mungkin trofi di lemari pajangan West Ham tak sebanyak tim papan atas seperti Manchester Unite atau Liverpool. Tapi untuk urusan mencetak pemain hebat, Anda jangan salah. The Hammers sudah sejak lama dikenal sebagai gudangnya punggawa berkelas, bahkan sejak tahun 60.

Di masa lalu West Ham bahkan sempat mendapat juluk "The Academy" karena melahirkan pemain top seperti eofff Hurst, Bobby Moore dan Martin Peters yang mengantarkan Inggris menjuarai Piala Dunia 1966. Kala itu bahkan ada delapan pemain mereka yang masuk dalam skuad Union Jack.

Jebolan West Ham yang kini mereguk kesuksesan di antaranya adalah Paul Ince, Frank Lampard, John Terry, Rio Ferdinand, Joe Cole, Michael Carrick, Glen Johnson dan Jermain Defoe.

10. Crewe Alexander
Tak banyak yang tahu klub satu ini karena memang mereka tak mengukir prestasi gemilang. Crewe hanya tim yang berlaga di League One atau kompetisi kasta ketiga Inggris. Tapi bicara soal akademi sepakbola, mereka pantas dihargai.

Sudah banyak pemain lahir dari sana, salah satunya legenda The Three Lions, David Platt. Crewe dikenal dengan motode latihan yang mengutamakan teknik passing. Selain itu mereka juga bekerjasama atau menjadi feeder dengan sejumlah tim lain termasuk Manchester United.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komentar tidak nyambung (SPAM) akan Saya DELETE
Komentar dengan Keyword Saya tidak jamin akan Tayang
Komentar dengan Link Hidup Tidak bakal Saya Approve!!!

.