6 Aksi Akuisisi Facebook 'si Pencaplok'

Jakarta - Facebook membuat keputusan mengejutkan dengan mengakuisisi aplikasi berbagai foto populer Instagram. Jagad dunia maya tersentak karena nilai akuisisi yang ditawarkan mencapai USD 1 miliar atau sekitar Rp 9,1 triliun.

Instagram memang menjadi pembelian termahal sepanjang sejarah Facebook. Tapi tahukah Anda, Instagram bukanlah yang pertama dicaplok oleh raksasa jejaring sosial itu.

Setidaknya sejak tahun 2007, Facebook sudah aktif bergerliya mencomot perusahaan lain. Diklaim oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg, aksi akuisisi ini bukan untuk menutup pesaingnya, melainkan untuk memberikan pengalaman yang lebih kaya kepada pengguna situsnya.

Nah, berikut 6 perusahaan cukup terkenal yang sukses diambil alih Facebook dalam kurun waktu sejak tahun 2011 yang detikINET rangkum dari berbagai sumber.

Beluga


Pada 2 Maret 2011, Facebook membeli perusahaan software Beluga yang salah satu produknya adalah mengakomodir grup messaging. Pembelian start up asal Palo Alto ini tidak diketahui berapa nilai yang diajukan.

Teknologi yang dikembangkan Beluga sendiri akhirnya digunakan untuk memperluas fungsi di Facebook Messenger.



Snaptu


Masih di bulan Maret 2011, Facebook kali ini membeli perusahaan asal Israel bernama Snaptu. Sebagian besar pengguna ponsel fitur memakai layanan ini karena sangat user friendly sebagai Twitter client.

Facebook membeli Snaptu dengan harga di kisaran USD 60-70 juta sebagai perluasan layanan Facebook mobile untuk perangkat ponsel low end


DayTum


Ini adalah pembelian setelah Snaptu, dimana akuisisinya dilakukan pada 27 April 2011.
Perusahaan berbasis di Soho, New York ini dibeli untuk memperkuat fungsicheck in dan upload foto. Sayang tidak diketahui berapa nilai yang diajukan.





Sofa


Di bulan Juni Facebook membeli teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan asal Belanda, Sofa. Facebook kesengsem dengan aplikasi yang dibawa oleh Sofa. Tidak diketahui berapa nilainya.



Gowalla


Ini termasuk akuisisi yang cukup mengejutkan yang dilakukan oleh Facebook pada akhir tahun 2011. Banyak pengamat beralasan pencaplokan jejaring sosial berbasis lokasi, Gowalla, sebagai upaya untuk meredam laju Foursquare.
Meski pada kenyataannya, tidak lama kemudian Gowalla langsung ditutup keberadaannya.



Instagram


Ini yang paling gress dan panas di awal 2012. Facebook melakukan aksitake over dengan nilai fantastis mencapai USD 1 miliar atau Rp 9,1 triliun. Zuckerberg memastikan aplikasi ini akan berdiri sendiri, tanpa embel-embel bakal dilebur ke Facebook.






Sumber : detik

Seorang Blogger Kambuhan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komentar tidak nyambung (SPAM) akan Saya DELETE
Komentar dengan Keyword Saya tidak jamin akan Tayang
Komentar dengan Link Hidup Tidak bakal Saya Approve!!!

.