Pesona Sumatera Selatan

Pesona Sumatera Selatan mungkin yang terlintas dibenak anda adalah ada apa dengan Sumatera Selatan? Bila kita lihat dari geografis Sumsel adalah salah satu provinsi di Indonesia yang letaknya di bagian selatan Pulau Sumatera yang beribu kotakan Palembang. Provinsi Sumatera Selatan ini berbatasan dengan propinsi - propinsi :
  • Diutara    : provinsi Jambi 
  • Ditimur    : provinsi Kep. Bangka-Belitung
  • Diselatan : provinsi Lampung
  • Dibarat  : dan Provinsi Bengkulu

Tujuan Wisata di Sumatera Selatan
Banyak tujuan wisata yang menarik untuk anda dikunjungi bila berkunjung ke Sumatera Selatan antara lain:
  • Jembatan Ampera, 
  • Pulau Kemaro, 
  • Danau Ranau, 
  • Kota Pagaralam 
  • Sungai Musi   dan masih banyak lainnya.
Mungkin blogger lain sudah banyak yang membahas tentang objek wisata, disini saya akan membahas tentang sepak bola di bumi Sriwijaya yang menjadi salah satu kebanggan masyarakat Sumatera Selatan yang memang Sriwijaya FC adalah salah satu Pesona Sumatera Selatan.

Sejarah

Persijatim Jakarta Timur adalah asal muasal klub ini, keberhasilan Provinsi Sumsel sebagai Tuan Rumah yang diikuti pula keberhasilan dalam berprestasi diajang Pesta Olahraga Terbesar tingkat Nasional (PON XVI), yang akhirnya memberikan inspirasi tersendiri bagi Syarial Oesman Gubernur Sumatera Selatan untuk dapat pula membuktikan bahwa di pentas sepak bola nasional pun Sumatera Selatan dapat menunjukan “Taring Rimau” nya.

Setelah melalui proses dan mekanisme yang cukup panjang dan melelahkan, akhirnya pada tanggal 23 oktober 2004 dicapailah kata sepakat untuk selanjutnya dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (Mo U) antara M. Zein selaku pemilik Persijatim yang di Take Over oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang diwakili langsung oleh Syarial Oesman selaku Gubernur Sumatera Selatan, untuk selanjutya Persijatim menjadi Sriwijaya Football Club (SFC).Sriwijaya Football Club (Sriwijaya FC) merupakan klub professional asal Palembang Sumatera Selatan dan sejak dimiliki oleh PT Sriwijaya Optimis Mandiri (PT SOM), klub ini dialihkan ke Palembang dan berganti nama menjadi Sriwijaya FC. Klub yang menggunakan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang sebagai kandangnya ini memiliki julukan Laskar Wong Kito. Adapun fans fanatiknya diantaranya S-Mania, Singa Mania dan Sumselmania.

Sejak berubah nama menjadi Sriwijaya FC dan dikelola secara professional oleh swasta, prestasi tim ini menjadi luar biasa, dibawah asuhan pelatih legendarisnya yakni Rahmad Darmawan (musim 2010/2011 diganti Ivan Kolev),

Liga Indonesia
2005: Peringkat ke-9, Wilayah Barat
2006: Peringkat ke-6, Wilayah Barat
2007: Juara

Superliga Indonesia
2008/09: Peringkat ke-5
2009/10: Peringkat ke-8

Piala Indonesia
2005: Putaran 2
2006: Putaran 1
2007: Juara
2008/09: Juara
2009/10: Juara

Liga Champions AFC
2009: Babak Grup
2010: Babak Play-Off

Piala AFC
2010: 16 Besar

Community Shield Indonesia
2010: Juara

Inter Island Cup
2010: Juara

Susunan Pemain
1. Ferry Rotinsulu 

2. Fauzal Mubaroq 
3. Andi Irawan 
4. Supardi 
5. Thierry Gauthessi 
6. Ahmad Jufrianto 
7. Mahyadi Panggabean 
8. M.Ridwan 
9. Ponaryo Astaman 
10. Firman Utina 
11. Kayamba Gumbs 
12. Randy Siregar 
13. Bobby Satria 
14. Arif Suyono 
15. Dirga Lasut 
16. Lim Jun Sik 
17. Budi Sudarsono 
18. Jeki Arisandi 


Stadiun

Stadion Gelora Sriwijaya sering disebut Stadion Jakabaring merupakan stadion multifungsi terbesar ketiga di Indonesia setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta dan Stadion Utama Palaran di kota Samarinda, Kalimantan Timur. Stadion ini berlokasi di Palembang, Indonesia, stadion ini juga diakui sebagai salah satu stadion terbaik yang bertaraf internasional yang ada di Indonesia.

Stadion ini kebanyakan difungsikan sebagai tempat penyelenggaraan pertandingan-pertandingan sepak bola. Stadion dengan luas lahan sekitar 40 hektar ini mampu menampung hingga 36.000 - 40.000 orang dengan 4 tribun (A, B, C dan D) bertingkat mengelilingi lapangan. Tribun utama di sisi barat dan timur (A dan B) dilindungi atap yang ditopang 2 pelengkung (arch) baja berukuran raksasa. 

Bentuk atap stadion dibuat sebagai simbol kejayaan kemaharajaan Sriwijaya di bidang maritim yang dilambangkan oleh bentuk perahu dengan layar terkembang. Stadion ini beralamat di Jalan Gubernur H. A. Bastari, Jakabaring, Palembang.

Stadion Jakabaring mulai bangun pada tanggal 1 Januari 2001. Yang ditujukan untuk menyelenggarakan PON XVI ketika Kota Palembang ditunjuk sebagai penyelenggara pada tanggal 2 September 2004. Stadion ini diberi nama berdasarkan kemaharajaan maritim Sriwijaya yang berpusat di Palembang dan berhasil mempersatukan wilayah barat Nusantara pada abad 7 sampai dengan abad 12. Selain itu stadion ini juga merupakan markas dari klub sepak bola Indonesia, Sriwijaya FC.

Stadion ini dipakai sebagai salah satu stadion yang menyelenggarakan pertandingan dalam Piala Asia 2007 sebagai pendamping Stadion Utama Gelora Bung Karno pada hari pertandingan ketiga dan juga perebutan tempat ketiga. Hasil verifikasi AFC menjadikan Stadion ini satu dari 3 stadion standar A AFC di Indonesia.Stadion ini menjadi stadion utama pada upacara pembukaan dan penutupan SEA Games 2011 di Palembang.

Pesona Sumatera Selatan bagi penulis adalah saat Sriwijaya FC menjuarai 2 kompetisi ISL dan Copa. Ini baru tejadi di Indonesia yang mana Sumatera Selatan lah yang memecahkan rekor ini.


Bila anda berkunjung ke Sumetera Selatan tentunya kurang afdol bila anda tifak berjalan-jalan dikawasan Jakabaring ini, Apalagi semenjak kawasan ini menjadi vaneu Sea games kemarin Jakabaring berhias bak perawan yang cantik, segala fasilitas olah raga serta pendukungnya telah dibangun disini. Jadi Pesona Sumatera Selatan menurut saya adalah Sriwijaya FC dan Jakabaring,bagaimana dengan anda???


Salam


Asriyatno



Kompetisi Blog Pesona Sumatera Selatan


Sumber : wikipedia, sumselprov.go.id

Seorang Blogger Kambuhan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 Komentar:

Komentar
9:09 AM delete

emang daerah sumsel kito nih kebanggaan nean yo ?hehe salam wong kito mampir pulo yo ke gubug aq hehe

Reply
avatar

Komentar tidak nyambung (SPAM) akan Saya DELETE
Komentar dengan Keyword Saya tidak jamin akan Tayang
Komentar dengan Link Hidup Tidak bakal Saya Approve!!!

.