XL Jalin Kemitraan Proyek Cloud Solution


Penandatanganan kerjasama (Ist)
XL Axiata kini mengikat kemitraan proyek pengembangan layanan komputasi awan (cloud solution) dengan 6 mitra bisnis; Fujitsu, Huawei, IBM, Intratech, Mandawani, dan Microsoft. Adapun latar belakang penyelenggaraan layanancloud ini merupakan salah satu bentuk keseriusan XL terhadap layanan data. 

Mitra-mitra yang yang mengikat kerjasama dengan XL tersebut merupakan para pemimpin teknologi di bidang IT baik pada skala nasional maupun internasional. Teknologi komputasi awan yang ditawarkan merupakan teknologi yang telah memiliki tingkat kehandalan tinggi dan telah diterapkan di banyak negara. Melalui kolaborasi ini, XL beserta mitra-mitra berkomitmen untuk membangun ekosistem komputasi awan di Indonesia.

Fujitsu, Huawei, IBM, Intratech dan Mandawani akan memberikan support di bidang Infrastructure as a Services (IaaS). Layanan mereka nantinya akan dikembangkan ke arah Platform as a Services (PaaS) maupun Software as a Services (SaaS). Sedangkan Microsoft akan fokus ke layanan Software as a Services (SaaS).

IaaS meliputi penyediaan layanan IT infrastruktur secara terintegrasi. Sementara PaaS merupakan layanan di mana XL menyiapkan seperangkat piranti lunak beserta pendukungnya bagi para developer dan paraprogrammer untuk mengembangkan aplikasi yang mereka akan buat. Melalui internet, para pengembang ini dapat menciptakan aplikasi tanpa harus memikirkan platform yang harus disiapkan.

Layanan yang terakhir, SaaS merupakan layanan dimana pengguna tidak perlu lagi membeli lisensi dan melakukan instalasi untuk sebuah aplikasi. Layanan ini dapat dimanfaatkan langsung oleh pengguna yang melakukan pendaftaran dan akan disesuaikan dengan kebutuhan (on-demand). Umumnya, pengguna cukup membayar biaya sesuai dengan pemakaian saja. Layanan SaaS dapat juga dinikmati oleh masyarakat umum dan tidak terbatas hanya pada pelaku bisnis.

Sumber : areamagz.com

Seorang Blogger Kambuhan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komentar tidak nyambung (SPAM) akan Saya DELETE
Komentar dengan Keyword Saya tidak jamin akan Tayang
Komentar dengan Link Hidup Tidak bakal Saya Approve!!!

.